Inilah Deretan Prestasi Ganjar Pranowo Saat Menjadi Gubernur Jawa Tengah

Avatar photo

- Jurnalis

Minggu, 8 Oktober 2023 - 18:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GuyubJateng – Jakarta : Ganjar Pranowo semasa menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah telah meninggalkan warisan kepemimpinannya yang dapat dinikmati oleh warga  Jawa Tengah. Selama hampir 10 tahun menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sudah melakukan beberapa terobosan dan menorehkan banyak prestasi.

Berikut beberapa catatan prestasi serta terobosan Ganjar Pranowo selama hampir dua periode memimpin Jawa Tengah.

  1. Pelayanan Publik dan Kualitas Pemerintahan

Hingga saat ini, Jawa Tengah sudah mempunyai 28 Mal Pelayanan Publik (MPP). Jumlah tersebut jadi yang paling banyak di Indonesia. Kehadiran MPP menciptakan pelayanan kepada masyarakat menjadi mudah, murah, serta cepat. Ganjar pula terus meningkatkan kualitas pemerintahan di tingkat provinsi serta kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Salah satunya lewat program e- governance untuk menghindari tindak korupsi, kolusi, serta nepotisme.

  1. Program Pembangunan Infrastruktur

Ganjar Pranowo membangun berbagai infrastruktur penyangga publik, antara lain Tol Trans Jawa, Jalan Nasional, dan Provinsi sepanjang 10.942 KM, serta pembangunan jembatan. Sekitar 1135 embung desa juga telah dibangun oleh pemerintahan Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan air yang cukup untuk masyarakat.

Terdapat juga program pengembangan pelabuhan, bandara, transportasi umum, jaringan internet serta peningkatan kualitas air. Ganjar Pranowo juga telah membangun 42.181 jamban untuk masyarakat miskin di Jawa Tengah.

  1. Sektor Pertanian
Baca Juga :  Daulat Pangan Kita Indonesia

Ganjar Pranowo berupaya menciptakan tata kelola pertanian yang terbaik, sehingga menguntungkan bagi petani sebagai produsen dan masyarakat umum selaku konsumen. Untuk menciptakan tata kelola tersebut, Ganjar membuat program Kartu Tani sejak tahun 2015.

Kartu Tani menjadi alat kontrol untuk pemberian subsidi pupuk kepada petani-petani yang lebih membutuhkan. Kartu Tani menjadi sarana untuk mengumpulkan data petani dan tanaman yang ditanamnya. Data tersebut lalu diolah untuk meningkatkan produktivitas para petani, memenuhi kebutuhan petani, hingga memproyeksikan kebutuhan pangan untuk masyarakat. Pemprov Jawa Tengah berkoordinasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Ganjar Pranowo mengupayakan untuk terus mengurangi jumlah perantara atau middleman yang kerap membuat harga komoditas pertanian menjadi tinggi di pasaran. “Sejauh ini Kartu Tani bisa mengurangi middleman,” katanya. Ganjar pun berkomitmen untuk menciptakan tata kelola pertanian yang baik agar dapat mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

Program Kartu Tani punya andil untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai provinsi dengan produksi padi terbesar di Indonesia pada 2019. Produksi padi di Jawa Tengah pada 2019 mencapai 9,65 juta ton gabah kering giling (GKG). Jumlah tersebut setara dengan produksi 5,54 juta ton beras.

  1. Sektor Pariwisata
Baca Juga :  Casytha Arriwi Kathmandu DPD RI Jateng ke Jateng Bahas Revisi UU Administrasi Pemerintahan

Jawa Tengah mendapatkan anugerah dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di tahun 2021 sebagai “Provinsi Pelopor Anak” melalui program “Jo Kawin Bocah” dan “Jogo Konco”.

Jawa Tengah berhasil menjadikan 100 persen kabupaten/kota layak anak. Program “Jo Kawin Bocah” adalah upaya pencegahan pernikahan dini dan mendorong masyarakat untuk menikah di usia matang.  Pada program ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jawa Tengah mendirikan care center “Jo Kawin Bocah”. Dampaknya, angka dispensasi perkawinan anak yang dirilis Pengadilan Tinggi Agama menurun dari 14.072 anak pada 2021 menjadi 11.392 pada 2022.

  1. Pemerintahan yang berintegritas

Provinsi Jawa Tengah dinobatkan menjadi provinsi paling berintegritas versi KPK pada tahun 2020 dan 2021, dan menjadi Juara Umum antikorupsi KPK tahun 2019 dan 2020. Ganjar Pranowo sudah menyelamatkan uang negara sebesar Rp1 triliun melalui E-Budgeting.

 

 

Editor : Ahmad Antoni

Sumber Berita : iNews

Berita Terkait

Rendra Luki Integritas Teruji, Pakar Pemberdayaan Tingkat Nasional Layak Kandidat Cabup Purworejo 2024
Daulat Pangan Kita Indonesia
Casytha Arriwi Kathmandu DPD RI Jateng ke Jateng Bahas Revisi UU Administrasi Pemerintahan
Abdul Kholik  Siap Perjuangkan Nasib Guru Madrasah Non PNS

Berita Terkait

Selasa, 21 November 2023 - 20:17 WIB

H Wiranto Mendorong PPJT Sinergikan Program Pemerintah Membantu Masyarakat dan Sukseskan Pemilu 2024

Selasa, 21 November 2023 - 20:01 WIB

Ir Frahma Alamiarso : PPJT harus dapat berkontribusi secara riil Kepada warga Jawa Tengah di perantauan, Pemprov. Jawa Tengah dan Pemda Kabupaten/ Kota

Jumat, 17 November 2023 - 14:34 WIB

PPJT Ulang Tahun 27 Sekaligus Gelar RAKERNAS 2023 di Aula Sarbini, Taman Wiladatika Depok

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:47 WIB

Frahma Alamiarso Hadiri MUNAS Pawon Semar  Pertama di LIA Pramuka Jakarta

Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:26 WIB

Koperasi PWK Gelar Rapat Kerja : Siap Hadirkan Produk Baru dan Perkuat Peran PPC

Rabu, 18 Oktober 2023 - 07:45 WIB

Sufarzi, SG Resmi Dilantik Sebagai Ketua PJT Lampung Masa Bhakti 2022-2027

Rabu, 18 Oktober 2023 - 05:55 WIB

PWB Lakukan Penyaluran Air Bersih Kembali

Minggu, 15 Oktober 2023 - 19:47 WIB

Anniversary 26 Tahun DPD Pakuwojo, Ketum Rendra Sampaikan Program Bernama Sekber & Purworejo Card

Berita Terbaru