Kamu Sudah Coba 9 Makanan Jawa Tengah yang Khas dengan Cita Rasa Lezat luar Biasa ?

Avatar photo

- Jurnalis

Minggu, 8 Oktober 2023 - 19:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GuyubJateng – Jakarta : Makanan Jawa Tengah memiliki ciri khas autentik dengan cita rasa yang lezat. Bumbu-bumbu yang digunakan memiliki rasa yang unik yakni cenderung manis.

Pilihan makanannya pun beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Semuanya bisa dijumpai di daerah-daerah di Jawa Tengah.

Tak heran, makanan khas Jawa Tengah yang unik dan lezat ini kerap diincar para wisatawan lokal maupun mancanegara.

  1. Brekecek

Brekecek merupakan masakan tradisional berbahan kepala ikan jahan yang dipotong-potong lalu dimasak dan dicampur dengan bumbu khusus. Makanan khas Cilacap ini merupakan salah satu kuliner ikonis dari Jawa Tengah.

Kata brekecek sendiri diambil dari kata brek yang artinya dijatuhkan atau diletakkan. Sementara kecek berarti dicampur.

  1. Jenang pecel

Jenang pecel merupakan makanan khas Boyolali yang memiliki tekstur lembut seperti bubur. Cita rasanya asin, manis, dan pedas, yang berasal dari bumbu kacang atau pecel.

Makanan ini merupakan perpaduan antara bubur sumsum dengan pecel. Kata jenang sendiri dalam bahasa Jawa memiliki arti bubur sumsum.

  1. Kupat glabed

Dari Brebes terdapat makanan khas Jawa Tengah bernama kupat glabed, yakni sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning. Sekilas, makanan ini mirip dengan opor, tetapi memiliki kuah yang lebih kental menyerupai sup krim.

Glabed sendiri merupakan kata yang digunakan oleh orang tegal untuk menggambarkan tekstur makanan yang kental saat masuk ke dalam mulut.

  1. Sate blengong
Baca Juga :  Hendardji Terpilih Lagi Pimpin Pawon Semar, Berharap Anggota Mempedomani Simbol Warag Dalam Keseharian

Sate blengong merupakan makanan khas Brebes yang berbahan daging blengong. Blengong merupakan hewan hasil perkawinan silang antara bebek jantan dan itik betina.

Sate Blengong disajikan dengan ukuran besar dan dinikmati bersama kuah santan dan kupat glabed. Hal ini yang membedakan sate blengong dengan sate-sate lainnya. Anda akan dengan mudah menemukan penjaja sate blengong di sekitaran Alun-Alun Brebes.

  1. Sate jagal

Beralih ke Kabupaten Blora, terdapat makanan khas bernama sate jagal, yakni sate daging sapi dengan bumbu kacang. Uniknya, bumbu kacangnya dicampur santai sehingga terasa gurih dan berwarna agak kecokelatan.

Sebelum dibakar, daging sapinya dibumbu terlebih dahulu. Baru setelah itu dibakar di tungku arang. Aroma sate jagal ini sangat menggugah selera. Makanan ini disajikan dengan nasi yang telah disiram dengan kuah soto berisi mihun, seledri, dan bawang goreng.

  1. Sego kobong

Makanan Jawa Tengah berikutnya ini juga berasal dari Blora, namanya sego kobong. Dalam bahasa Jawa, sego memiliki arti nasi dan kobong adalah bakar.

Seperti namanya, nasi ini dibungkus oleh daun pisang kemudian dibakar. Tekstur nasinya menyerupai nasi liwet ini disajikan dengan berbagai lauk, seperti cumi, udang, ayam, dan teri.

  1. Sotong ireng
Baca Juga :  Pemprov Jateng Bukukan Omzet Rp3 miliar Pada Ajang Pamer Kriya Skala Internasional (Inacraft) 2023

Sotong ireng merupakan makanan khas Kabupaten Batang, yakni sotong yang dioseng dengan rempah-rempah kemudian disiram dengan santan yang menghasilkan cita rasa gurih.

Tinta yang terdapat di dalam tubuh sotong sengaja tidak dibersihkan tetapi digunakan untuk memasak sehingga membuat masakan ini berwarna hitam atau dalam bahasa Jawa berarti ireng.

  1. Soto kebo

Biasanya soto menggunakan daging sapi atau ayam, tetapi soto yang satu ini menggunakan daging kerbau atau kebo sebagai pelengkapnya.

Makanan yang berasal dari daerah Batang ini dibuat dari daging kerbau dan bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan berbeda dari soto dari daerah lainnya.

  1. Soto Sokaraja

Seperti namanya, soto Sokaraja berasal dari Sokaraja, Purwokerto. Soto ini berisi ayam atau daging sapi, sohun, dan kecambah kedelai atau kacang hijau. Pada bagian atasnya ditaburi dengan daun bawang dan kerupuk.

Kuah kaldu sapi atau ayam yang gurih dan sambal kacang pedas menjadi ciri khas dari soto Sokaraja. Keunikan lainnya dari soto ini adalah disajikan dengan potongan ketupat.

Itulah sejumlah makanan Jawa Tengah yang sayang dilewatkan jika Anda berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Tengah. Mana makanan yang paling ingin Anda cicipi?

(juh/juh)

 

 

Sumber Berita : CNN Indonesia

Berita Terkait

Paguyuban Sedulur Dawet Bayat  Klaten Bagi 3.000 Gelas Dawet Gratis

Berita Terkait

Selasa, 21 November 2023 - 20:17 WIB

H Wiranto Mendorong PPJT Sinergikan Program Pemerintah Membantu Masyarakat dan Sukseskan Pemilu 2024

Selasa, 21 November 2023 - 20:01 WIB

Ir Frahma Alamiarso : PPJT harus dapat berkontribusi secara riil Kepada warga Jawa Tengah di perantauan, Pemprov. Jawa Tengah dan Pemda Kabupaten/ Kota

Jumat, 17 November 2023 - 14:34 WIB

PPJT Ulang Tahun 27 Sekaligus Gelar RAKERNAS 2023 di Aula Sarbini, Taman Wiladatika Depok

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:47 WIB

Frahma Alamiarso Hadiri MUNAS Pawon Semar  Pertama di LIA Pramuka Jakarta

Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:26 WIB

Koperasi PWK Gelar Rapat Kerja : Siap Hadirkan Produk Baru dan Perkuat Peran PPC

Rabu, 18 Oktober 2023 - 07:45 WIB

Sufarzi, SG Resmi Dilantik Sebagai Ketua PJT Lampung Masa Bhakti 2022-2027

Rabu, 18 Oktober 2023 - 05:55 WIB

PWB Lakukan Penyaluran Air Bersih Kembali

Minggu, 15 Oktober 2023 - 19:47 WIB

Anniversary 26 Tahun DPD Pakuwojo, Ketum Rendra Sampaikan Program Bernama Sekber & Purworejo Card

Berita Terbaru