Pemprov Jateng Bukukan Omzet Rp3 miliar Pada Ajang Pamer Kriya Skala Internasional (Inacraft) 2023

Avatar photo

- Jurnalis

Minggu, 8 Oktober 2023 - 19:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

GuyubJateng – Jakarta : Lima usaha kecil dan menengah (UKM) yang difasilitasi Pemprov Jateng pada ajang pamer kriya skala internasional (Inacraft) 2023,.membukukan omzet Rp3 miliar. Produk yang unik dan bisa di-custom, membuat kerajinan asal Jawa Tengah digandrungi pengunjung.

Seperti terlihat di stan pamer Jateng yang terletak di hall B Jakarta Convention Center,  yang tak pernah sepi pengunjung. Selalu saja ada yang berkerumun, entah itu penasaran dengan produk wewangian, furnitur, kerajinan tembaga, maupun anyaman rotan.

Kabid Bina Usaha dan Pemasaran Dinkop UKM Jateng Jani Sugijati mengatakan, pihaknya memfasilitasi lima UKM untuk menjadi pengisi ruang pamer Jateng, yakni Rifana Art Sukoharjo, Iwan Jaya Logam Boyolali, Rottan Furni Sukoharjo, Naturaline Boyolali, D Youl Kab Semarang.

Menurutnya, kunjungan dan omzet yang dibukukan pada pameran tersebut melebihi dugaan. Dari target 500 kunjungan, kini sudah mencapai 700 kunjungan.

“Omzet sekitar Rp3 miliar. Dari teman-teman furnitur tadi, ada rencana MoU dengan Jerman dan kepeminatan personal, untuk mengisi perabotan di rumahnya dari furnitur Jateng,” papar Jani.

Baca Juga :  Kamu Sudah Coba 9 Makanan Jawa Tengah yang Khas dengan Cita Rasa Lezat luar Biasa ?

Selain produk furnitur, UKM pengharum ruangan asal Boyolali juga telah menjual 5.000 buah botol pengharum. Untuk omzet diperkirakan mencapai lebih dari Rp25 juta.

“Kita terus berusaha meningkatkan kualitas produk teman-teman kita UKM, dengan pembinaan, lewat Bimtek, pelatihan marketing online, meningkatkan produk yang sederhana supaya bisa diekspor,” urainya.

Sesuaikan Selera Konsumen

Tidak hanya menjual barang jadi, UKM yang dibawa ke ajang Inacraft 2023 juga bisa dimodifikasi sesuai selera konsumen. Hal itu, juga menjadi magnet konsumen membeli produk asal Jateng.

Pemilik produk pewangi Naturaline Boyolali Arini Khoiriah, mengaku dapat order khusus setelah ikut pameran. Selain itu, Inacraft 2023 juga membuka peluang pasar baru.

“Ada yang menawarkan kerja sama dari Jakarta, nanti katanya mau ke workshop dan ingin membikin dengan aroma yang disesuaikan. Ada buyer dari Jepang, ada pula yang mau reseller. Ini membuka pasar baru bagi saya” paparnya.

Baca Juga :  Sufarzi, SG Resmi Dilantik Sebagai Ketua PJT Lampung Masa Bhakti 2022-2027

Pemilik usaha furnitur Rifana Art Sukoharjo, Rifqi Baladraf mengatakan, peluang pascapandemi Covid-19 lebih terbuka. Hal itu berlaku pula untuk pasar lokal.

“Andil Pemprov Jateng untuk bantu UKM naik kelas, daya beli masyarakat lokal meningkat drastis. Kalau untuk transaksional saat ini hampir Rp3 miliar,” tuturnya.

Rifqi menyebut, keunikan produknya bisa dipesan sesuai keinginan pelanggan.

“Jadi pelanggan bisa pesan sesuai keinginan. Bisa costumize, kita akan wujudkan. Kemarin ada buyer agent dari Jerman juga, lokal juga,” paparnya.

Seorang konsumen asal Jakarta, Lili mengaku, produk asal Jateng yang dibelinya, tak kalah kualitas dengan produk pabrikan.

“Produknya bagus, unik, harga terjangkau. Kalau bisa packaging-nya lebih bagus dan diekspos,” ujarnya. (Pd/Ul, Diskominfo Jateng)

Sumber Berita : Diskominfo Jateng

Berita Terkait

Pawon Semar Segera Gelar Munas Pertama dan Meluncurkan Kartu Anggota Berasuransi

Berita Terkait

Selasa, 21 November 2023 - 20:17 WIB

H Wiranto Mendorong PPJT Sinergikan Program Pemerintah Membantu Masyarakat dan Sukseskan Pemilu 2024

Selasa, 21 November 2023 - 20:01 WIB

Ir Frahma Alamiarso : PPJT harus dapat berkontribusi secara riil Kepada warga Jawa Tengah di perantauan, Pemprov. Jawa Tengah dan Pemda Kabupaten/ Kota

Jumat, 17 November 2023 - 14:34 WIB

PPJT Ulang Tahun 27 Sekaligus Gelar RAKERNAS 2023 di Aula Sarbini, Taman Wiladatika Depok

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:47 WIB

Frahma Alamiarso Hadiri MUNAS Pawon Semar  Pertama di LIA Pramuka Jakarta

Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:26 WIB

Koperasi PWK Gelar Rapat Kerja : Siap Hadirkan Produk Baru dan Perkuat Peran PPC

Rabu, 18 Oktober 2023 - 07:45 WIB

Sufarzi, SG Resmi Dilantik Sebagai Ketua PJT Lampung Masa Bhakti 2022-2027

Rabu, 18 Oktober 2023 - 05:55 WIB

PWB Lakukan Penyaluran Air Bersih Kembali

Minggu, 15 Oktober 2023 - 19:47 WIB

Anniversary 26 Tahun DPD Pakuwojo, Ketum Rendra Sampaikan Program Bernama Sekber & Purworejo Card

Berita Terbaru